CCNA Adalah ? Dan Alasan Mengapa CCNA Penting Bagi Network Engineer - Ajipajari.com
News Update
Loading...

20 May 2019

CCNA Adalah ? Dan Alasan Mengapa CCNA Penting Bagi Network Engineer


Assalamualaikum temen-temen setia blog ajipajari.com, alhamdulillah kali ini saya akan membagikan kembali sedikit ilmu mengenai Cisco dengan judul yang akan kita bahas kali ini adalah Pengertian CCNA dan 4 Alasan CCNA Penting Bagi Network Engineer.

Apa Itu CCNA ?

CCNA atau (Cisco Certified Network Associate) adalah sertifikasi yang begitu populer bagi yang gila networking khususnya teknologi jaringan yang dikembangkan oleh Cisco Systems. Cisco sendiri bertujuan mencitpakan CCNA adalah untuk memberikan ilmu dan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah (troubleshooting) pada LAN, WAN dan layanan access untuk network skala kecil (dibawah 100 node).

Tidak hanya itu, ilmu yang didapatkan dari CCNA adalah instalasi jaringan, konfigurasi maupun troubleshooting dimulai dari : IP, VLAN, Serial, Frame Relay, VTP, STP, Etherchannel, Static Route, Dynamic Route, ACL, NAT, HSRP, VRRP, dan GLBP.

Dalam sertifikasi CCNA dapat diperoleh dengan mengikuti ujian dengan lama waktu 90 menit, dimana ujian CCNA ini tidak sama sekali memiliki persyaratan yang harus diikitu terlebih dahulu. Materi yang di bahas pada ujian CCNA di antaranya :

  1. LAN, WAN dan Model Osi Layer
  2. IP Addressing atau Subnetting
  3. Routing (OSPF, EIGRP, dan RIP)
  4. VLAN dan WLAN

Jika sudah mendapatkan sertifikat CCNA, maka temen-temen bisa ikut atau melanjutkan lagi ke sertifikasi Cisco yang lebih advanced, yaitu CCNP (Cisco Certified Network Professional) dan CCIE (Cisco Certified Network Expert). Sertifikasi CCNA berlaku hanya 3 tahun, jika sudah habis 3 tahun, temen-temen bisa memperpanjang nya kembali dengan mengikuti ujian CCNA lagi.

Oke kali ini kita bahas manfaat dari memiliki sertifikat CCNA, simak semuanya dibawah ini !!

Alasan Mengapa CCNA Penting Bagi Network Engineer


1. Produk Cisco Banyak Digunakan di Berbagai Perusahaan

Yaa... yang pertama adalah produk Cisco yang banyak digunakan, sehingga dengan banyanya produk Cisco yang digunakan tentunya dibutuhkan juga tenaga ahli yang memiliki kemampuan atau skill dalam mengkonfig atau mengetahui troubleshooting Cisco. dan CCNA merupakan bukti bahwa kita paham tentang Cisco.

2. Sedikit Yang Mempunyai Sertifikat CCNA

Ya karena alasannya susah dan mahal, untuk sekali ujian sendiri kita harus mengeluarkan biaya hingga 2-4 jutaan untuk lulus sertifikasi CCNA sendiri temen-temen harus mendapatkan nilai 825 dari maksimal nila 1000. 

Sehingga dari situlah menurut perusahaan-perusahaan tenaga ahli yang memiliki sertifikasi CCNA adalah yang memiliki niat menjadi seorang network engineer, karena rela mengorbankan waktu dan uang.

3. Buka Kesempatan Untuk Dapat Kenaikan Upah atau Gaji

Alasannya tentu saja karena untuk mendapatkan sertifikat CCNA itu tidak mudah, temen-temen harus rela mengorbankan waktu maupun uang selain itu juga jika ujian tidak lulus-lulus tapi tetep ingin terus mencobanya kembali. Dari situlah perusahaan-perusahaan biasanya mengapreasi orang yang meiliki sertifikat CCNA dengan menaikan upah atau gajinya.

4. Hampir Semua Lowongan Network Engineer Menyarankan Cisco CCNA 

Alasan utama mengapa sertifikat CCNA penting yang terakhir adalah hampir setiap lowongan untuk Network Engineer mensyaratkan memiliki skill maupun kemampuan Cisco atau sertifikat CCNA sebagai persyaratan untuk masuk ke perusahaan tersebut. Sehingga jika kita meiliki kemampuan atau sertifikat CCNA maka kita tidak akan terlalu sulit untuk mecari pekerjaan.

Oke sekian dulu dari artikel pengertian CCNA dan manfaatnya kali ini mohon maaf jika ada kesalahaan, semgoga bermanfaat bagi kita semua jangan lupan share ke semua media sosial temen-temen agar semua tau. Untuk yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Waalaikum salamm...

Share with your friends

1 comment

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done